Slider

Recent Tube

Bisnis

Sosial

Tren

Teknologi

Olahraga

Galeri

» » » Mengenal Yayasan Pendidikan Al-Falah Tarutung, Tapanuli Utara

Kabupaten Tapanuli Utara adalah satu di antara kabupaten yang berpenduduk minoritas muslim di provinsi Sumatera Utara. Walaupun demikian adanya bukan bermakna semangat syiar dan ketegakan aqidah Islam dalam kepribadian seorang muslim yang bermukim di daerah ini lemah, tetapi justru minimnya penduduk yang beragama Islam menjadi alasan yang tepat untuk membakar semangat dakwah dan syiar agama Islam demi tegaknya kelimat Allah di bumi Tapanuli Utara.

Semangat ini tampak ini dengan banyaknya kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami yang dilaksanakan setiap tahunnya, baik berbentuk peringatan hari Islami maupun kegiatan lainnya. Di sisi lain semangat dakwah dan mempertahankan aqidah juga tampak jelas dengan tingginya minat para orang tua untuk memberikan pendidikan agama kepada generasi penerus baik melalui pendidikan formal, informal maupun nonformal.

Kebutuhan terhadap pendidikan agama di Tapanuli Utara  sebagai langkah persiapan generasi muda yang Islami di masa yang akan datang adalah suatu hal yang urgen. Hal ini demi terjaganya aqidah dan akhlak para generasi muda Tapanuli Utara di zaman globalisasi di samping minimnya penduduk muslim di Tapanuli Utara.

Sumber


Melihat kondisi tersebut Yayasan Pendidikan Al-Falah Tarutung sejak tahun 1991 telah memfasilitasi berbagai jenis jenjang pendidikan agama bagi para generasi penerus kaum muslimin di Tarutung khususnya, dan di Tapanuli Utara pada umumnya. Di antaranya Raudhatul Athfaal (RA), Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al-Falah. Pada tahun 1997 dengan berbagai pertimbangan Madrasah Aliyah Swasta terpaksa harus ditutup dan bergabung dengan Madrasah Aliyah Negeri Peanornor.

Dengan niat yang tulus dan dukungan penuh dari kaum muslimin Tarutung dan sekitarnya pada tahun 2005 Yayasan Pendidikan Al-Falah  mulai merintis Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Falah berdasarkan ijin operasional nomor Kd.02.08/3/PP.03.02/722/2005 dengan jumlah siswa pertama 25 siswa.

Mendengar berbagai argumen yang di sampaikan kaum muslimin, maka Yayasan Pendidikan Al-Falah kembali berusaha memfasilitasi gagasan yang brilian ini dengan mengadakan rapat tokoh-tokoh masyarakat muslim di Tarutung. Rapat ini dilaksanakan Pada Hari Minggu Tanggal 20 Maret 2011. Kemudian pada Hari Minggu 27 Maret 2011 dilanjutkan dengan rapat yang lebih besar yang dihadiri Kepala Seksi Mapenda Kementerian Agama Tapanuli Utara Bapak Sulpan Batu Bara, S.Ag, dan tokoh ormas/OKP, tokoh masyarakat serta para orang tua siswa MIS Al-Falah khususnya kelas VI. Dari Kedua rapat tersebut menghasilkan kesepakatan dan persetujuan untuk mendirikan MTs Swasta al-Falah untuk sejak tahun pelajaran 2011-2012. (Baca selengkapnya di sini)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: